143 Perusahaan Asing Bakal Relokasi Investasi ke Indonesia

JAKARTA – Pemerintah mengklaim sebanyak 143 perusahaan akan melakukan relokasi investasi ke Indonesia. Persiapan untuk menyambut investasi tersebut pun terus dilakukan.

“Kita ingin menggantikan posisi China sebagai tujuan investasi dari hub rantai pasok global baru. Data dari BKPM terdapat 143 perusahaan yang memiliki rencana relokasi investasi ke Indonesia,” ujar Airlangga dalam diskusi virtual, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Diskusi dengan Investor Inggris, Kepala BKPM: Iklim Investasi Makin Kondusif

Dia merinci, yang sudah serius untuk merealokasi pabriknya ke Indonesia adalah Taiwan, Hongkong, Korea Selatan dan Amerika Serikat. Hal ini akan terus bertambah dengan seiringnya perizinan investasi yang sudah mudah di Indonesia.

“Rencana relokasi investasi ke Indonesia ini di antaranya adalah Amerika Serikat, Taiwan, Jepang, Hongkong dan Korea Selayan lalu potensi penyerapan tenaga kerja lebih dari 300 ribu lebih tenaga kerja yang terserap,” jelasnya.

Baca Juga: Indonesia Di-lockdown 59 Negara, Investasi Bisa Kabur

Menurutnya, pandemi telah memberikan pelajaran berharga bagi setiap negara. Di antaranya rantai pasok barang tidak bisa terpusat di satu negara.

Untuk itu, peluang investasi juga bakal jadi fokus Indonesia dalam memulihkan ekonomi Indonesia.

“Untuk mengatasi tantangan eksternal dan internal, guna menangkap peluang relokasi investasi dari china ke Asia Tenggara, pemerintah menyadari pentingnya investasi dan daya saing Indonesia,” jelasnya.

(fbn)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts