3 Macam Cahaya Buatan di Rumah

JAKARTA – Dalam sebuah rumah hunian, pencahayaan buatan memiliki peranan penting di samping pencahayaan alami. Karena, tidak sedikit pula rumah hunian yang hanya memiliki sedikit akses pencahayaan alami.

Beberapa penghuni rumah kerap kesulitan untuk mendapatkan pencahayaan alami, sebab hanya sedikit spot dalam rumahnya yang dapat membuat cahaya alami masuk.

Baca Juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Oleh karena itu, pencahayaan buatan dalam ruang diperlukan baik untuk general lighting, task lighting, maupun decorative lighting. Untuk menentukan jenis dan intensitasnya dapat ditentukan berdasarkan fungsi ruang tersebut. 

Penggunaan pencahayaan buatan juga dimaksudkan untuk memperoleh pencahayaan yang efektif, tidak berlebihan dan tepat sasaran. Berikut beberapa jenis yang perlu dipertimbangkan seperti dilansir dari buku Ragam Desain Interior Modern oleh Andie A. Wicaksono, dkk., Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Sesuaikan Warna untuk Suatu Ruangan Berdasarkan Mood, Begini Pilihannya

1. General lighting

Jenis ini merupakan penerangan yang tidak terfokus pada satu titik tertentu karena menerangi seluruh ruangan. Jenis pencahayaan ini membantu penghuni untuk melihat seluruh isi kamar serta melakukan aktifitas di dalamnya.

Contoh aplikasi general lighting adalah lampu yang dipasang pada plafon atau langit-langit kamar. Lampu ini akan menerangi secara merata ke seluruh ruangan.

2. Task lighting

Merupakan jenis penerangan yang difokuskan pada satu titik tertentu dan berfungsi untuk membantu beraktivitas yang membutuhkan pencahayaan lebih. Aplikasi task lighting pada ruang misalnya penggunaan lampu baca pada meja belajar serta lampu meja dan kaca rias.

3. Decorative lighting

Sesuai dengan namanya, jenis lampu ini hanya sebagai aksesoris. Jeis decorative lighting tidak membantu penghuni kamar untuk melakukan aktivitas apapun.

Contoh aplikasi jenis lampu ini yaitu lampu sorot estetis untuk mengekspos hiasan dinding, lukisan, patung atau benda lain. Selain itu, aplikasi decorative lighting juga berupa lampu.

1
2

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts