4 Bahan Bikin Carport dengan Rangka yang Kuat

JAKARTA – Material yang banyak dipakai pada struktur rangka atap carport adalah berbahan kayu, besi, baja, beton bahkan alumunium. Dalam pertimbangan pemilihan material carport harus mempertimbangkan beberapa hal, agar carport yang diinginkan terwujud sesuai dengan keinginan.

Pertimbangan awal dalam pemilihan material untuk rangka pada atap adalah kekuatan. Hal tersebut dikarenakan, nantinya material tersebut akan diandalkan untuk menopang dan menahan beban yang akan muncul.

 Baca juga: Perhatikan 4 Hal Sebelum Pasang Carport di Samping Rumah

Berikut beberapa macam bahan rangka yang digunakan untuk membangun carport. Seperti yang dilansir dari buku 21 Desain Atap Carport, karya Nia Noorahmah, Jakarta, Kamis(10/9/2020). 

Pertama, kayu.

Kayu merupakan bahan dari struktur alam yang dapat langsung digunakan tanpa melalui proses pengolahan. Tak heran jika kayu mewakili kesan alamni sehingga sering diekspos untuk menonjolkan keindahannya.

Namun kayu yang terpapaar matahari dan terkena hujan harus mempunyai daya tahan tinggi terhadap cuaca. Kayu yang digunakan bisa seperti kayu jati, kayu ulin, kayu merbau, kayu damar laut dan kayu kamper.

Baca juga: Beda Desain Kamar Tidur Anak Perempuan dan Laki-Laki

Kedua, Besi.

Bahan struktur besi yang terdiri dari unsur ferrum dalam presentase yang besar ini akan bereaksi ketika bersentuhan langsung dengan udara lembap atau air dan menimbulkan karat yang akan mengurangi kekuatan bahan. Bahan besi yang beredar di pasaran yakni terdiri dari besi polos, ulir, hollow, galvanis, strip, siku, tempa hingga stainless steel.

Pertimbangan kekuatan konstruksi, pemilihan jenis besi tergantung pada kesan estetis yang akan dihadirkan. Penggunaan masing-masing ketebalan besi juga tergantung pada fungsi dan bentangan atap carport yang direncanakan.

Ketiga, Baja.

Baja yang digunakan sebagai struktur atap pada rumah tinggal yakni baja ringan. Meski baja ringan lebih tipis dan ringan, fungsi dari baja sebagai bahan struktur setara dengan baja konvensional, bahkan kekuatan tariknya lebih besar.

Bahan ini disukai karena sifatnya yang tahan karat, anti rayap dan ringan. Selain itu, pemasangannya praktis dan cepat sehingga baja ringan memang dibuat untuk memudahkan perakitan dan pemasangan.

Keempat, Beton bertulang.

Beton bertulang merupakan gabungan beton yang memiliki kuat tekan dan baja yang memiliki kuat tarik. Alasan dipilihnya struktur beton adalah kuat, awet dan tahan akan api. Bahan jenis ini paling banyak dipakai sebagai bahan kolom penyangga pada berbagai struktur rangka.

1
2

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts