5 Kiat Pengusaha Sukses, Tidak Gila Kekuasaan

JAKARTA – Seorang profesional pasti mengetahui akan pentingnya mengukur terlebih dahulu kemampuan diri, memahami sifat-sifat dan kemampuan yang diperlukan sebagai bekal untuk menjadi seorang pengusaha.

Dan yang lebih penting juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah inovasi dan keberanian untuk mengambil risiko. Hal inilah, yang membuat pengusaha selalu tampil dengan gagasan-gagasan baru yang segar dan kreatif.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Cantik dengan Kaktus, Begini Cara Merawatnya

Adapun seorang pengusaha sukses dapat membawa bisnisnya karena kemampuannya sebagai berikut seperti dilansir dari buku Mulai Usaha Dari Nol oleh Jackie Ambadar, Miranty Abidin & Yanty Isa, Jakarta, Kamis (10/9/2020). 

Pertama, bisa memilih SDM (karyawan) yang bisa bekerja dengan sebaik-baiknya.

Dalam hal ini diperlukan adanya rasa saling percaya antara pengusaha dan orang yang bekerja dengannya (karyawan). Cara untuk menumbuhkan kepercayaan melalui sikap teladan yang ditunjukkan oleh pengusaha.

Baca Juga: Aglonema Primadona Tanaman Hias, Pembeli Rela Beli Harga Jutaan Rupiah

Kedua, menularkan jiwa kepemimpinannya kepada karyawan. 

Agar tujuan dapat tercapai, Rhenald Kasali menganjurkan agar semangat kewirausahaan

ditumbuhkan dalam diri setiap karyawan (entrepreneur) yang di kemudian hari si pengusaha ini bisa menyerahkan tongkat kepemimpinannya kepada salah satu karyawan sebagai penerus (regenerasi). 

Ketiga, tidak gila kekuasaan.

Penting bagi seorang pengusaha mengelola bisnisnya mulai dari sebagai penyangga usahanya hingga mencari makan bagi seluruh karyawannya.

Keempat, menggerakkan kerjasama tim yang baik dengan semua karyawan. 

Kerjasama tim hanya akan terwujud apabila si pengusaha mempunyai keinginan membangun usahanya untuk maju bersama-sama dengan SDM-nya yang tangguh. Untuk itu seorang pengusaha harus mau mendengarkan suara dan keinginan-keinginan dari seluruh karyawan.

Kelima, saling percaya dan tulus antara karyawan dan pengusaha.

Hal ini penting agar menjadi suatu kekuatan yang sinergi dan saling melengkapi. Penting bagi pengusaha untuk menganggap bahwa orang-orang yang bekerja di dalam bisnis mereka (atau karyawan) adalah aset yang paling penting, sehingga mereka merasa dirinya berharga dan punya kontribusi terhadap kelangsungan hidup bisnisnya.

1
2

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts