Bangun Rumah dengan Konsep Tradisional Jepang, Pakai Aksen Kayu Biar Sejuk

JAKARTARumah dengan konsep nuansa Jepang mungkin masih sangat jarang ditemui di Ibukota. Biasanya penerapan konsep rumah tradisional Jepang sangat kental dengan desain penggunaan kayu.

Hal tersebut dapat ditemui pada bagian elemen fasad bangunan dan taman. Rumah dengan penggunaan kayu ini sangat cocok dalam mengadopsi gaya rumah tradisional Jepang, sebab pada dasarnya elemen struktur rumah tradisional Jepang didominasi oleh pemakaian elemen kayu.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Sebelum Pasang Carport di Samping Rumah

Konsep pada rumah tradisional Jepang biasanya mengusung konsep minimalis, baik interior ataupun eskterior hunian. Bentuk yang sering digunakan pada elemen rumah Tradisional Jepang yakni bentuk lingkarang dan kotak yang diaplikasikan pada kusen jendela dan jalusi. 

Seperti yang dijelaskan dalam buku 21 Desain Rumah Kayu karya Griya Kreasi, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Untuk bahan pengganti kaca pintu dan jendela biasanya menggunakan shoji yang berupa kertas yang ditempel.

Baca juga: Beda Desain Kamar Tidur Anak Perempuan dan Laki-Laki

Jenis bukaan yang diaplikasikan yakni pintu geser agar ruang lebih hemat dan berfungsi maksimal. Bahkan, penggunaan parket dan tatami yang terbuat dari bambu anyaman digunakan sebagai penutup lantai hingga ruang terlihat lebih estetis.

Demi menghasilkan desain yang selaras, lanskap rumah ditata dengan konsep gaya Jepang. Menghadirkan tanaman bambu, kolam dan hamparan pasir yang berputar dari putaran kecil ke putaran besar untuk menghiasi rumah.

Ruang tamu pada rumah tersebut dibuat menyatu dengan foyer, antara ruang tamu dan ruang keluarga cukup dibatasi dengan partisi yang terbuat dari kayu. Nah, gimana menarik kan menghadirkan konsep rumah dengan nuansa Tradisional Jepang di tengah padatnya lahan ibukota?

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts