Biaya Nikah di Tengah Pandemi Bisa Lebih Hemat?

JAKARTA – Menikah saat pandemi bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang memiliki modal pas-pasan. Karena uang yang dikeluarkan bisa lebih hemat karena harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Lantas berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk melangsungkan pernikahan di saat pandemi? Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta, biaya yang dikeluarkan cukup minim. Karena, mereka hanya cukup mengeluarkan uang untuk biaya administrasi di Kantor Urusan Agama (KUA) saja.

Baca Juga: Pria Lulusan S2 Jadi Tukang Cukur, Dibayar Seikhlasnya

Hal tersebut menyusul penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta mulai senin kemarin. Sebagai gambaran, biaya administrasi di KUA sendiri biasanya berada dikisaran Rp100.000 hingga Rp150.000 saja.

“Bisa dibilang kaya kebutuhan nikah dasar saja. Nikah pas pandemi harus di KUA. Malah bisa mengirit banyak karena kita hanya mengeluarkan biaya administrasi saja. Rp100.000 sekarang. Jadi enggak perlu kalau mau ngasih tips bisa kasih Rp500.000 cukup buat penghulunya,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Lagi Pandemi Covid-19, Usaha Mahar Pernikahan Justru Ramai Dicari Calon Pengantin

Sementara itu, untuk biaya mahar tergantung dari masing-masing pasangan. Namun jika ingin hemat bisa dengan emas kawin seadanya, biasanya emas beberapa gram atau seperangkat alat sholat pun sudah cukup.

“Ditambah mahar tergantung masing-masing pasangan. Perkiraan Rp5 jutaan sudah lumayan. Sekali lagi tergantung pasangan,” kata Andi.

Tak hanya itu, uang pengeluaran lainnya seperti undangan juga bisa dihemat. Karena dengan perkembangan digital seperti saat ini, undangan tidak perlu dicetak tapi justru dengan menggunakan pesan singkat melalui WhatsApp ataupun media sosial lainya.

“Kedua dari jumlah undangan. Setau saya yang kemarin resepsi virtual hanya 20 orang. Itu berarti kita ngirit banyak. Karena kalau normal kita mengeluarkan undangan 300 sampai 600 orang. Ngirit budget buat makanan jauh banget, jadi yang bisa diirit lokasi, dan makanannya termasuk juga foto videography enggak mungkin sama lamanya kaya kondisi normal,” kata Andi.

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts