Bosan Selama Pandemi, 2 Bocah Bisnis Bonsai Kelapa

BANYUMAS – Rasa bosan yang datang selama masa pandemi Covid-19 membuat dua orang pelajar Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah menggali kreativitas. Yakni dengan membuat bonsai kelapa, nantinya hasil penjualan tersebut digunakan untuk membeli keperluan sekolah via daring keduanya.

Aktivitas tersebut dilakukan oleh Muhamad Khamdan dan Muslim yang dilakukan di rumahnya berlokasikan di Desa Karang Bawang kecamatan Aji Barang Banyumas. Mereka memanfaatkan area teras rumah milik kedua orangtuanya untuk dijadikan area bekerja pembuatan bonsai kelapa.

Baca Juga: Pria Lulusan S2 Jadi Tukang Cukur, Dibayar Seikhlasnya

Pekerjaan yang ditekuni keduanya ini, menjadikan hal tersebut sebagai kegiatan yang menghasilkan pendapatan guna meringankan bebam orang tuanya. Pembuatan bonsai kelapa tersebut dikatakan mudah, dimulai dari pengupasan kulit, kemudian merendam kelapa ke wadah berair.

Setelah dirasa cukup untuk berkembang, tunas kelapa baru dipindahkan ke dalam pot. Kegiatan tersebut tentu saja membuat kedua orang tua mereka merasa bangga sekaligus senang.

Baca Juga: Bisnis Cacing di Tengah Covid-19, Pria Ini Cuan Rp6 Juta

Adanya kegiatan ini, membuat orang tua mereka berharap agar dapat menjadi peluang ke depannya bagi anak-anak mereka. Untuk satu buah cakal bakal bonsai ini dihargai Rp20.000 hingga Rp50.000.

Dalam satu hari keduanya dapat membuat 10 hingga 15 buah bahan bonsai. Untuk sementara waktu, bahan bonsai ditanam pada media air.

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts