Erick Thohir: Suksesnya Pilkada Tak Ada Artinya Bila Penanganan Covid-19 Gagal

JAKARTA – Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menegaskan, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di sejumlah daerah jangan dijadikan momentum untuk menggagalkan penanganan Covid-19 di Indonesia. Suksesnya pilkada tak ada artinya bila penanganan Covid-19 menjadi gagal.

“Suksesnya pilkada jangan menjadi kegagalan penanganan Covid-19. Karena tidak ada artinya, sukses pilkada tetapi penanganan Covid gagal,” ujar Erick dalam siaran pers, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Apa Itu Resesi Ekonomi? Begini Memahaminya dengan Mudah

Erick menyebut, pemerintah terus berupaya menekan angka kasus dan fatality rate (kematian) agar berangsur membaik. Menurutnya, ini menjadi tanggung jawab bersama semua pihak baik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, serta kontestan yang akan bertarung dalam Pilkada.

Untuk menerapkan protokol kesehatan di masyarakat, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan operasi yustisi. Operasi ini akan melibatkan sejumlah pihak seperti, TNI, Polri pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, tokoh agama.

Dalam operasi, masyarakat diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk, menjelang dan pelaksanaan Pilkada.

Baca Juga: Bos BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2021 Capai 5,8%

Erick juga meminta para kontestan pilkada, mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjaga fatality rate di tengah-tengah masyarakat, meskipun sedang bersaing dalam kontestasi pilkada.

”Sungguh kehilangan besar, bahwa karena Covid-19, ada anak yang kehilangan orang tuanya, orang tua kehilangan anaknya, dan suami yang kehilangan istrinya, dan sebaliknya,” kata Erick.

Dia berharap, semua pihak harus menjaga agar penyebaran Covid-19 terkendali dan tren kesembuhan terus membaik. Meski hal itu, dia kuin tidaklah mudah. “Tetapi kalau kita bergotong royong, Insya Allah bisa,” ujar dia.

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts