Harap Bersabar Ini Ujian, Pencairan BLT Rp600.000 Tahap III Butuh 4 Hari

JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan 3,5 juta data rekening penerima bantuan subsidi upah (BSU) kepada Kementerian Ketenagakerjaan untuk segera diproses pencairannya. Dengan diterimanya data penerima BSU tahap III, maka jumlah total penerima BSU hingga saat ini adalah sebanyak 9 juta rekening.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, proses BSU ini akan memakan waktu maksimal 4 hari untuk checklist terlebih dahulu dari tanggal diterima, baru setelahnya diserahkan dan diproses oleh KPPN dan ditransfer oleh bank penyalur.

Baca Juga: Pendataan BLT Subsidi Gaji, BP Jamsostek Kantongi 14,5 Juta Rekening Pekerja

Merespon pertanyaan terkait pencairan BLT besok, anggota biro Humas Kemnaker Rintoko Al Muhtaj memberitahukan bahwa belum ada kepastian lebih lanjut.

“Berdasarkan petunjuk teknis (juknis), waktu pencairan memang maksimal 4 hari dari tanggal diterimanya data rekening. Bisa lebih cepat dari itu,” tutur Ida, dikutip Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Sudah 3,7 Juta Pekerja yang Rekeningnya Ditransfer BLT Subsidi Gaji

Sebelumnya, Ida Fauziyah mengimbau pemberi kerja (perusahaan) dan para pekerja membangun komunikasi terkait data rekening guna memastikan tidak ada kesalahan dalam pelaporan rekening kepada BPJS Ketenegakerjaan. Ini agar penyaluran subsidi gaji tepat sasaran.

“Kami ingatkan, pemberi kerja yang tidak memberikan data sebenarnya akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Begitupun dengan pekerja yang tidak memenuhi persyaratan yang tertuang dalam Permenaker No 14 Tahun 2020, namun telah menerima bantuan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan bantuan tersebut ke rekening kas negara,” tegas Ida.

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts