Korban Jiwa Covid-19 Nyaris 1 Juta, Kesehatan Dulu Apa Ekonomi Bu Menkeu?

JAKARTA – Pandemi covid-19 terus masih terjadi di beberapa negara. Adapun saat ini sudah 29 juta kasus yang terkena virus asal Wuhan, China tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memprediksikan kasus kematian dampak covid-19 ini bisa akan mencapai 1 juta di seluruh negara.

 Baca juga: Pedagang Pasar Dukung Protokol Kesehatan seperti di Awal PSBB

“Ini sekarang kasusnya bisa saja 29 juta kasus dan kematian akan mendekati 1 juta. Covid mengancam kesehatan dan keselamatan warga di seluruh dunia dan kesehatan itu utama,” ujar Sri Mulyani dalam sebuah webinar, Rabu (16/9/2020).

Dia melanjutkan pemerintah harus siap menanggapi perkembangan yang terjadi dan melakukan penyesuaian kebijakan seefektif mungkin dalam menghadapi pandemi virus covid-19.Sebab, kesehatan dan ekonomi sama-sama menyangkut hajat hidup masyarakat.

 Baca juga: Soal Operasi Yustisi, Erick Thohir: Jumlah Orang Tanpa Gejala Banyak

“Sekarang sering kita dihadapkan seolah-olah kalau menghadapi covid-19 ekonominya dikorbankan. Atau kalau kita ingin memulihkan ekonomi, kesehatannya dikorbankan. Kan tidak bisa kita mengatakan kesehatan lebih penting dari ekonomi, atau ekonomi lebih penting dari kesehatan,” imbuhnya.

Dia menambahkan pandemi covid-19 menjadi momentum berharga bagi pemerintah untuk mengambil pelajaran dan menentukan kebijakan di masa pendatang.

“Karena Anda hidup di dalam situasi yang tidak usual. Kalau Anda nggak berubah maka yang diajar oleh Anda menjadi makhluk yang sudah ketinggalan zaman. Padahal tantangannya berubah sangat besar,” tandasnya.

(rzy)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts