Kurangi Impor, RI Kembangkan Sentra Bawang Putih di Poso

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peningkatan produksi bawang putih lokal dengan mengembangkan daerah potensial. Salah satu sentra produksi bawang putih yang dikembangkan di Napu, Poso, Sulawesi Tengah.

“Kementan terus berupaya meningkatkan komoditas seperti bawang putih guna mengurangi ketergantungan terhadap produk impor,” seperti dikutip dari keterangan Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Baca Juga: Pakai Jurus Ini RI Bisa Swasembada Bawang Putih pada 2024?

Pengembangan sentra produksi bawang putih dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Kementerian Pertanian pun menyiapkan alokasi sebesar Rp220,15 miliar untuk mengembangkan sentra produksi bawang putih tersebut.

Baca Juga: Harga Bawang Merah Naik, Hari Ini Dijual Rp62.735/Kg

Dengan dana tersebut diharapkan para petani Napu dapat menjadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan. Nantinya bawang putih yang dikembangkan adalah varietas Tinombo.

Di mana varietas lokal Sulawesi Tengah yang tengah diuji sertifikasi benih. Varietas adaptif di daerah Napu rencananya akan dikembangkan dalam skala luas untuk mewujudkan swasembada bawang putih secara nasional.

(fbn)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts