Masih Muda Sudah Atur Keuangan? Begini Keuntungannya

JAKARTA – Semakin dini mulai mengelola dan mengatur keuangan, hidup akan menjadi semakin baik dan layak, baik sekarang maupun di masa mendatang. Jelas bahwa manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting.

Pengelolaan keuangan dengan menuliskan setiap pemasukan dan pengeluaran dalam pos-pos keuangan akan memberikan arahan dan pedoman untuk membuat keputusan keuangan.

 Baca juga: Ekonomi di Ambang Resesi, Masih Boleh Liburan?

Hal tersebut karena setiap keuangan yang dilakukan akan memengaruhi pos-pos keuangan lainnya. Dengan memersepsikan bahwa setiap keputusan keuangan sebagai bagian dari keseluruhan, dapat mempertimbangkan untuk sesegara mungkin mengatur pos-pos keuangan.

Melansir dari buku Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga oleh Gunanto, Indrasto, Jakarta, Rabu (16/9/2020), dengan melakukan pengelolaan uang juga dapat memudahkan beradaptasi terhadap kehidupan yang selalu berubah dan merasa lebih aman karena masih berada di jalur keuangan yang telah direncanakan.

 Baca juga: Kalap Belanja Online Selama di Rumah Saja, Berikut Cara Mengatasinya

Karena kehidupan berjalan dengan ketidakpastian, maka dari itu perlu untuk menuliskan setiap pos pemasukan, pengeluaran, anggaran tiap bulan, tabungan, dan utang.

Adapun pengelolaan keuangan juga memberikan keuntungan tersendiri dalam hidup. Keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Turut membantu memberikan gambaran riil keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan efektivitas arus keuangan, baik dalam perolehan maupun penggunaan.

 Baca juga: 4 Pos Penting dalam Mengelola Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

3. Mengendalikan keuangan dengan mencegah utang berlebih.

4. Membuat setiap keputusan keuangan lebih terarah dan tercapainya tujuan ekonomis yang telah direncanakan.

5. Mengantisipasi adanya risiko keuangan yang tak terduga di masa mendatang.

(rzy)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts