Menko Airlangga Pastikan Sistem Kesehatan RI Belum Bangkrut

JAKARTA – Pemerintah memastikan sistem kesehatan Indonesia masih aman. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan fasilitas kesehatan dan daya tampung rumah sakit di Indonesia termasuk DKI Jakarta akan terus ditingkatkan kapasitasnya. Hal ini terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Jangan bilang sistem kesehatan kita collapse (bangkrut). Saya tegaskan kita belum collapse untuk sistem kesehatannya. Karena jangan sampai mengatakan sistem kesehatan kita tidak mampu. Itu sama sekali tidak,” kata Airlangga dalam diskusi virtual yang diunggah Youtube, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Menko Airlangga: Sentimen Negatif Bisa Buat Pasar Keuangan Tak Stabil

Dia memastikan 67 RS di Jakarta siap melayani pasien. Bahkan pihaknya telah menyiapkan back-up di beberapa tower Wisma Atlet. Serta terus meningkatkan tes PCR, swab tes dan rapid tes untuk mendeteksi pasien covid-19.

“Ini kita terus melakukan tes PCR. Malah tes PCR kita banyak dibandingkan negara lainnya. Dari 67 (RS) itu 40% pemerintah punya. Kita tahu kapasitas dan kemampuan pemerintah malah kita tambah tower di wisma atlet,” jelasnya.

Baca Juga: Perusahaan Nakal Paksa Karyawan Masuk saat PSBB, Lapor ke Sini Ya

Dia memastikan pemerintah memprioritaskan kesehatan. Mulai dari mendorong peningkatan rasio tempat tidur hingga akan menanggung biaya penggunaan hotel bintang dua dan tiga, yang dijadikan sebagai ruang isolasi mandiri pasien covid-19 yang tidak bergejala.

“Ini dilakukan di beberapa daerah di luar Jakarta, seperti Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Ini yang harus dioptimalkan di Jakarta,” tandasnya.

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts