Mulailah Bisnis Produk Defensif saat PSBB, Apa Saja Itu?

JAKARTA – Membuka usaha baru saat pandemi memang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat. Apalagi, bagi masyarakat yang secara finansial dan pekerjaan terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau pemotongan gaji.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, ada beberapa jenis usaha yang bisa menjadi pilihan karena menguntungkan. Pertama adalah produk-produk yang defensif dan dibutuhkan banyak orang.

 Baca juga: Lagi Pandemi Covid-19, Usaha Mahar Pernikahan Justru Ramai Dicari Calon Pengantin

“Kalau yang aku perhatiin sekarang pastinya produk-produk yang defensif. Artinya mau keadaan resesi pun artinya orang orang akan terus nyari apalagi berbentuk barang barang kebutuhan sehari-hari,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (15/9/2020).

 

Andi menambahkan biasanya produk-produk defensif adalah produk yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti makanan. Di saat pandemi seperti ini, makanan beku (Frozen food) atau rumahan menjadi salah satu yang potensial.

 Baca juga: Kisah Mantan TKI Dirikan Bisnis Kuliner akibat Covid-19

Tak hanya itu, bisnis pesan antar sayuran juga bisa menjadi salah satu yang memiliki potensi besar. Apalagi, Pemerintah Provinsi DKI Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diberlakukan di Jakarta.

“Biasanya lagi lebih spesifik makanan. Pasar Frozen food naik tajam karena orang orang cenderung nyetok makanannya dalam bentuk yang Frozen Frozen seperti itu. Atau mungkin layanan kaya model cathering seperti itu atau layanan antar sayuran segar. Orang orang cenderung memilih dan yang berkembang adalah bisnis bisnis seperti itu,” jelasnya.

 Baca juga: Bisnis Cacing di Tengah Covid-19, Pria Ini Cuan Rp6 Juta

Selain itu, bisnis voucher pulsa dan internet juga menjadi salah satu potensi bisnis yang cukup besar. Mengingat, saat ini hampir sebagian perkantoran dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara virtual atau online.

“Misalnya yang sudah lama ada misalnya kaya voucher pulsa seperti itu karena mau enggak mau orang akan terus nyari juga kan,” kata Andi.

(rzy)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts