Pandemi Covid-19 Bikin Pelaku UMKM Putar Otak agar Tetap Laku

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut bahwa saat ini pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sedang memasuki proses adaptasi perubahan orientasi bisnis dan inovasi produk. Hal ini sejalan dengan permintaan market baru termasuk pemanfaatan platform digital untuk strategi marketing di tengah pandemi Covid-19.

“Karena kalau kita lihat dibanding kuartal II-2019 dengan saat ini, penjualan di platform digital tumbuh 26% dan itu saya kira sangat bagus apalagi ada penambahan merchant baru sampai 3,1 juta lebih yang terhubung dengan ekosistem digital,” ujar Teten dikutip, Kamis (17/9/2020).

Teten menambahkan, di masa pandemi saat ini, penting untuk menyiapkan diri dalam mendorong transformasi UMKM. Karena, suka tidak suka situasi saat ini telah mengubah pasar UMKM.

“Transformasi yang paling penting mereka harus sudah mulai memanfaatkan teknologi produksi dan teknologi di dalam strategi pemasaran produksi mereka,” kata dia.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini mengatakan, dengan adanya hasil-hasil riset dan Sumber Daya Manusia unggul, hal ini dapat menjadi faktor untuk melakukan development produk UMKM, agar produknya tidak sebatas dibeberapa produk saja.

“Jadi, supaya produk UMKM tidak hanya kripik, akik, batik tapi mulai bertransformasi ke produk yang mempunyai nilai tambah yang cukup besar dan itu saya kira hanya mungkin kalau UMKM melakukan transformasi,” ucapnya.

(kmj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts