Pedagang Pasar Dukung Protokol Kesehatan seperti di Awal PSBB

JAKARTA – Pemprov DKI diminta untuk menerapkan protokol kesehatan di pasar tradisional seperti di awal penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini menyusul ditemukannya 321 pedagang positif Covid-19.

“Kami dorong Pemprov DKI untuk terus menerapkan protokol kesehatan seperti di awal PSBB. Kami yakini bisa dilakukan dengan baik,” kata Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri dalam acara Market Review di IDX Channel, Rabu (16/9/2020).

 Baca juga: Kabar Baik, Jumlah Kelas Menengah Indonesia Susul Korsel

Dia menjelaskan, protokol kesehatan yang selama ini belum disediakan oleh pemerintah daerah, yaitu dengan memberikan tirai plastik kepada seluruh kios atau los di pasar. Sebab itu merupakan cara yang efektif mengurangi penyebaran di sana.

“Harus ada upaya tambahan, memasang tirai palatsik agar menjaga Covid-19 tidak menyebar. Ini belum maksimal dan harus didorong dengan cara-cara yang efektif di pasar,” ujarnya.

 Baca juga: Soal Operasi Yustisi, Erick Thohir: Jumlah Orang Tanpa Gejala Banyak

Selain itu, pelibatan para pedagang dan orang-orang yang dihormati di kawasan itu perlu menjadi perhatian Pemprov DKI. Karena, apabila terlalu menonjolkan peran aparat dikhawatirkan malah terjadi gesekan sosial.

“Melibatkan pedagang sendiri. Pedagang pasar bersama pengelola bergotong royong melakukan edukasi. Libatkan semua komponen. Tidak libatkan orang luar. Dalam rangka menjaga pasar tetap aman. Ini perlu komunikasi dan edukasi yang baik,” katanya.

(rzy)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts