Ragam Jenis Kusen untuk Jendela Bangunan dan Hunian

JAKARTA – Ketika membuat jendela rumah harus juga menyiapkan kusen. Sebab kusen merupakan salah satu elemen penting agar jendela bisa terpasang. Kusen pada jendela memiliki fungsi sebagai rangka penyangga daun jendela. Adanya kusen tersebut didukung juga dengan adanya engsel yang terpasang pada kiri/kanan ataupun atas/bawah daun jendela.

Biasanya ukuran kusen ditentukan oleh standar bangunan nasional serta syarat konstruktif. Tapi dengan semakin bebasnya arsitek berekspresi sehingga saat ini telah banyaknya dihasilkan ragam macam bentuk kusen yang variatif dan kontemporer.

Baca juga: 5 Pilihan Bahan Lantai untuk Mempercantik Dapur

Melansir dari buku 101 Disain Jendela karya Indra Gunadi, Jakarta, Selasa (15/9/2020). Berikut beberapa macam kusen pada jendela.

Pertama, kusen kayu.

Kusen kayu merupakan jenis kusen yang sangat sering atau umum digunakan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis kayu yang dapat dipergunakan dan harga yang dapat disesuaikan.

Umumnya, kusen kayu disukai karena beberapa kelebihan yang dimiliki seperti adanya sentuhan alami yang kuat dan dapat menyesuaikan selera.

jendela

Kedua, kusen alumunium.

Ciri-ciri dari kusen alumunium adalah memiliki warna putih mengkilat dan permukaan yang rata. Jenis jendela ini memiliki ketahanan yang kuat pada air sehingga pada suhu lembab bahan tersebut tidak menyusut dan warna tidak akan berubah akibat adanya perubahan cuaca.

Kelebihan lainnya yakni perawatan yang mudah, jika terjadi kerusakan, satu elemen kusen dapat diganti dengan warna dan jenis bahan yang sama tanpa menunggu lama serta proses finishing ulang. Untuk kualitas, kuantitas dan estetika kusen jenis ini memiliki standarisasi yang tepat sehingga sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di rumah.

Ketiga, kusen poly vynil chloride (PVC).

Bahan ini sangat umum di mata pengguna material bangunan. Biasanya, PVC ini digunakan sebagai pipa saluran pembuangan aur atau kusen pintu jendela. Bahan yang menyerupai plastik, tetap sangat solid ini dipercaya dipakai sebagai bahan kusen.

Untuk perawatan kusen tersebut sangat praktis. Cukup disemprotkan atau dilap dengan lap basah maka kusen akan tetap terjaga kebersihannya.

Keempat, kusen unplasticised poly vynil chloride (uPVC).

Kusen ini bisa dikatakan baru untuk diterapkan dan cukup membuat para perancang menyarankannya, cocok untuk segala hunian di zaman serba modern saat ini. Bahan dari kusen ini terbuat dari plastik yang lebih kuat dari PVC, termasuk termoplastik.

1
2

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts