Rupiah Bisa Menguat ke Rp14.650 USD tapi Tunggu Keputusan BI

JAKARTA – Nilai tukar Rupiah diprediksi akan terus menguat pada perdagangan hari ini. Diperkirakan Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat dalam range Rp14.650-Rp14.900 per USD.

Nilai Rupiah di pasar spot diprediksi bakal kembali perkasa pada perdagangan hari ini. Sentimen bagi Rupiah datang dari penantian pasar terhadap pernyataan The Federal Reserve dan Bank Indonesia yang akan dilakukan pada tengah pekan ini.

Baca Juga: Rupiah Terus Menguat ke Level Rp14.810/USD

Analis memprediksi, The Fed masih akan mempertahankan sikap dovish yang akhirnya melukai dolar Amerika Serikat (AS). Hal ini bakal menguntungkan Rupiah pada perdagangan hari ini. Demikian dikutip dari Treasury MNC Bank, Rabu (16/9/2020).

Namun, sikap pelaku pasar yang wait and see menanti pernyataan Bank Indonesia pun diperkirakan membuat penguatan Rupiah tak terlalu signifikan. Pasar juga menanti outlook ekonomi Indonesia di tengah masa pandemi apakah sudah mulai optimis atau masih ada keraguan.

Baca Juga: Menanti Keputusan The Fed, Dolar AS Merosot ke Level Terendah

Selain faktor di atas, Rupiah menguat karena disokong sentimen surplus neraca perdagangan, aliran dana asing yang masuk dan tingginya cadangan devisa membuat fundamental rupiah masih bisa menguat.

Sentimen eksternal juga berpotensi menyokong penguatan Rupiah, seperti perang dagang antara AS dan China yang kembali panas jadi sentimen penggerak. Alhasil, Rmasih bisa terapresiasi.

(fbn)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : okezone.com

Related posts