Dituntut Inovasi Teknologi, Pelaku Usaha Minta Ini ke Pemerintah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta pelaku UMKM terus mengembangkan produk-produk berbasis teknologi agar mendapat respon positif.

Sebaliknya, pelaku usaha meminta adanya langkah konkret dari pemerintah termasuk menyediakan anggaran riset dan insentif untuk pengembangan teknologi dan produk.

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengatakan, pelaku usaha di Indonesia sebetulnya memiliki kemampuan untuk mengembangkan produk teknologi tinggi.

Namun demikian, butuh dukungan dari pemerintah seperti jaminan ketersedian pasar hingga dukungan anggaran dalam proses pengembangan produk.

“Dukungan pemerintah berupa insentif baik insentif perpajakan maupun insentif fiskal lainnya bagi masing-masing pelaku usaha yang mengembangkan produk berbasis teknologi tinggi juga diperlukan untuk membuat pelaku usaha menghasilkan produk yang berkualitas dan kompetitif,” kata Ikhsan, Selasa (15/9/2020).

“Alokasi anggaran dan insentif ini penting untuk menggairahkan pelaku usaha dalam product development,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Shinta Widjaja Kamdani mendukung industri nasional yang berbasiskan teknologi.

Di masa mendatang, industri memang harus memiliki nilai tambah yang baik agar bisa bertahan di pasar.

“Nilai tambah terbesar ada pada industri berbasis riset, inovasi, dan teknologi yang dikomersialkan sesuai kebutuhan pasar,” katanya dalam keterangan Selasa (15/9/2020).

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : tribunnews.com

Related posts