Jubir Satgas Covid-19: Lima Minggu Terakhir DKI Jakarta Zona Merah

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Perkembangan kasus Covid-19 belakangan ini mengharuskan sejumlah daerah bertindak cepat untuk melakukan antisipasi.

DKI Jakarta misalnya, diketahui selama lima minggu terakhir berada pada zona merah.

Sejauh ini ada 18 daerah yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak awal.

Yakni di tingkat provinsi ada DKI Jakarta dan Sumatera Barat.

Lalu ada 16 kabupaten/kota yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Pekanbaru, Kota Tegal, Kota Makassar.

Kemudian Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi.

“Saat ini yang masih menjalankan PSBB adalah DKI Jakarta dan Banten. Sedangkan Kabupaten/kota, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok. Seluruh kabupaten/kota ini berakhir pada 29 September,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Kamis (10/9/2020)

Untuk PSBB katanya berlandaskan pada UU Nomor 6 tentang Kekarantinaan Kesehatan, kemudian dibuat Kepres 11/2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Juga ada Kepres 12/2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional.

Serta ada Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB, Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 239 Tahun 2020 tentang Penetapan DKI untuk PSBB, Pergub DKI Nomor 33 Tahun 2020 tentang PSBB, dan Pergub DKI Nomor 51 Tahun 2020 tentang PSBB Transisi.

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : tribunnews.com

Related posts