Sejumlah Fasilitas yang Disiapkan Pemerintah untuk Karantina OTG

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa karantina sangat penting dilakukan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Oleh karena itu pemerintah menyiapkan pusat karantina bagi masyarakat yang positif Covid-19 tersebut.

Hal itu disampaikan Presiden dalam rapat terbatas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/9/2020).

“Pemerintah juga menyiapakan pusat pusat karantina untuk pasien bergejala ringan agar tidak melakukan isolasi mandiri, ini penting, terutama  yang berpotensi menularkan kepada keluarga,” kata Presiden. 

Misalnya kata Presiden, Pemerintah telah bekerjasama dengan sejumlah grup hotel bintang dua dan tiga di Jakarta dalam menyiapkan pusat karantina. Total ada 15 hotel yang telah diajak kerjasama dengan kapasitas tiga ribu orang.

“Ini kita telah bekerja sama dengan grup-grup hotel yang ada,” katanya.

Pemerintah juga menyiapkan flat isolasi bagi pasien positif tanpa gejala (OTG) dengan kapasitas 4863 orang di tower 4 dan 5 kawasan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Belum lagi menurut Presiden, ruang isolasi bagi pasien gejala ringan yang disiapkan di kawasan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Tempat tidur  yang disiapkan masih tersedia  2581 tempat tidur

Masih mempunyai ruang untuk yang gejala ringan 858 di tower 6, 1723 di tower 7,” katanya

 “Ada juga di Balai Pelatihan Kesehatan di Ciloto, juga ada 653 orang yang bisa ditampung disitu, dan beberapa di Bapelkes di Batam, Semarang, Makasar juga terus disiapkan,” pungkasnya.

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : tribunnews.com

Related posts