Selain DKI, Ini Wilayah yang Disiapkan Hotel Karantina oleh Pemerintah Pusat 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA  – Pemerintah menyiapkan fasilitas hotel untuk karantina pasien positif yang tidak bergejala (OTG) di sejumlah wilayah yang tingkat penyebaran kasusnya tinggi.

Selain DKI Jakarta, fasilitas hotel tersebut akan diberikan di sejumlah kabupaten atau kota lainnya diantaranya Medan, Depok, Bekasi, Semarang, dan Surabaya. 

“Jabar khususnya Depok dan Bekasi, Sumut yakni di Medan, Semarang dan Surabaya juga. Jadi di kota-kota ini, selain tempat isolasi dan karantina mandiri yang disiapkan Pemda, pemerintah pusat juga siapkan hotel bintang 2-3,” kata Doni usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (14/9/2020).

Selain hotel Ruang isolasi bagi OTG dan pasien bergejala ringan tersebut menurut Doni juga akan disiapkan oleh pemerintah daerah. 

Khusus untuk DKI Isolasi mandiri bagi mereka yang OTG dan bergejala ringan juga disiapkan flat di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Dari 1600 tempat tidur yang sudah siap, baru 85 persen yang terisi.

Masyarakat menurut Doni bisa mendaftar melalui Puskesmas di daerah masing-masing. Selain itu informasi keterisian flat mandiri tersebut dapat dilihat di data Puskes TNI. 

“Ini bisa diikuti secara real time lewat data puskes TNI dan siapa saja yang nanti diterima adalah mereka yang sudah dapat rekomendasi/rujukan dari puskesmas daerah masing-masing,” katanya.

Menurut Doni, khusus untuk DKI penggunaan hotel untuk isolasi dilakukan apabila flat mandiri di Wisma Atlet penuh. Dari dua tower yang disiapkan untuk karantina, baru satu tower yang beroperasi yakni tower 4. 

“Kami juga sudah sampaikan kepada DKI apabila flat (tower) 4 dan 5 ini tidak lagi mencukupi maka kita telah siapkan hotel di wilayah terdekat baik di Jakpus, Jaktim, Jakbar, dan Jaksel,” pungkasnya.

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : tribunnews.com

Related posts