Membuat Taman Lebih Ceria dengan Bunga Tersenyum

TABLOIDBINTANG.COM – Bunga dengan kelopak yang menyerupai wajah tersenyum, itulah pansy. Makanya tak heran jika tanaman bunga ini banyak menghiasi taman-taman rumah di luar negeri. Di Indonesia sendiri, tanaman ini terbilang jarang dimanfaatkan cukup sulit untuk tumbuh pada daerah beriklim tropis.

Hasil persilangan viola

Dengan tampilan kelopak yang seperti itu, tak heran jika pansy umum dikenal sebagai smiley pansy atau smiling flower (bunga tersenyum). Orang-orang pun memanfaatkannya karena “senyuman” pada bunga tersebut membawa nuansa ceria pada taman di halaman rumah.

Corak warna pada kelopak bunga yang membentuk mimik wajah senyum itu merupakan hasil rekayasa genetik. Ya, pansy nyatanya merupakan hasil persilangan beberapa jenis viola atau bunga violet. Persilangan sendiri dilakukan pertama kali pada tahun 1839 oleh seorang pemulia tanaman asal Inggris bernama William Thompson. Karena persilangan ini pula, pansy memiliki warna kelopak yang sangat beragam.

Tumbuh kembang bunga pansy biasanya mekar di akhir musim gugur atau awal musim semi. Khusus di daerah subtropis, pansy bermekaran di musim dingin. Tanaman ini menyukai area yang lembab dan memiliki bentuk bunga dengan lima helai kelopak: dua di atas, dua di samping, dan satu di bawah. Masing-masing kelopak memiliki diameter 2-3 inci, dengan tinggi tanaman 9 inci.

Karena rendah, umumnya pansy dijadikan tanaman penutup tanah. Namun, pansy juga akan terlihat cantik sebagai tanaman gantung atau ditanam dalam kontainer tanaman. Bunga ini dijual di banyak toko flora di luar negeri. Biasanya, pansy ditanam di antara bulan Juli dan September. Selain itu, pansy juga ternyata enak dimakan sebagai salad sayur atau es krim.

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : tabloidbintang.com

Related posts