Tanaman Ketapang Brazil, Si Biola Cantik

TABLOIDBINTANG.COM – Ketapang Brazil. Daunnya yang  berbentuk seperti biola menjadi pemikat utama sehingga ia disebut Biola Cantik. Bernama latin Ficus lyrata, Ketapang Brazil makin besar makin terlihat cantik menghiasi interior. 

Ketapang Brazil memiliki daun yang berukuran besar, berwarna hijau pekat, mengkilap, dengan urat daun yang terlihat nyata. Tempatkan dekat jendela agar mendapat cahaya matahari yang disukainya. Si Biola Cantik ini cenderung tumbuh mengikuti arah datangnya cahaya matahari. Jadi, sebaiknya rajinlah memutarnya setiap beberapa minggu sekali agar tidak tumbuh miring ke satu arah saja. Perhatikan juga permukaan daun. Debu yang menutupi daun bisa menghalangi penerimaan cahaya matahari dan mengurangi keindahan tampilan daun. Karenanya, bersihkan daun menggunakan lap basah atau semprot dengan air.

Penyiraman yang berlebihan bisa mengakibatkan gugur daun dan akar membusuk. Saat menyiram, pastikan permukaan media tanam tetap kering namun lembap di bawahnya. Gugur daun juga bisa disebabkan kekurangan air. Jika daun bawah berubah warna menjadi kecoklatan, itu berarti kelebihan air. Sebaliknya, jika perubahan warna terjadi pada daun atas, itu pertanda Ketapang Brazil kekurangan air. Pemberian pupuk daun sesuai anjuran dosis juga baik untuk pertumbuhannya. 

Pot yang baik akan menunjang pertumbuhan dan penampilan Ketapang Brazil. Pilih pot yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Misal, diameter pot 20-25 centimeter untuk tanaman kecil dan  diameter 30-35 centimeter untuk tanaman besar. Sebelum mengisi pot dengan media tanam, tempatkan batu kerikil di dasar pot yang memiliki lubang pembuangan air. 

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : tabloidbintang.com

Related posts