Sheikh Zayed Al-Nahyan, Presiden UEA Masuk Terkaya di Dunia

Sheikh Zayed bin Sultan masuk daftar presiden terkaya di dunia saat itu.

REPUBLIKA.CO.ID, Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan merupakan presiden pertama Uni Emirat Arab (UEA) terpilih. Selama menjabat, dia dikenal sebagai sosok pemimpin yang mengedepankan nilai-nilai toleransi dan kebebasan beragama.

Baca Juga

Dia juga merupakan satu-satunya pemimpin di kawasan jazirah Arab yang memberikan kebebasan penuh kepada tenaga kerja dari negara-negara Barat yang bekerja di UEA. Karena sikapnya ini, Sheikh Zayed amat dihormati dan disegani para pemimpin negara lain.

Dia juga berperan penting dalam upaya menjalin kerja sama antara negara-negara Teluk dan Iran. Di samping itu, dia juga gencar mendorong adanya dialog dengan Teheran terkait sengketa tiga pulau di kawasan Teluk Persia. Jalur diplomasi dialog ini terus dia tempuh selama lebih dari tiga dekade.

Masyarakat dunia juga mengenal Sheikh Zayed sebagai salah satu pemimpin negara terkaya di dunia. Total kekayaan yang dimiliki oleh Sheikh Zayed ditaksir sekitar 24 miliar dolar AS.

Sebagian besar kekayaan yang dimilikinya bersumber dari ladang-ladang minyak yang terdapat di UEA. Sebagaimana diketahui, sepersepuluh cadangan minyak dunia berada di UEA. 

Karier politiknya di pemerintahan dimulai sejak dia menjabat sebagai gubernur di Alainpada 1946. Berbagai capaian kemajuan berhasil dia torehkan antara lain membangun jaringan jalan dan sebuah keputusan sulit diambilnya ketika harus mengalihkan sebagian sumber air minum warga Alain untuk keperluan irigasi, membangun pasar dan masjid pertama di provinsi tersebut.

Dia dinobatkan pada  6 Agustus 1966 sebagai penguasa Abu Dhabi, melanjutkan kekuasaan kakak laki lakinya Sheikh Shakhbut bin Sultan Al Nahyan, sebagai Penguasa Abu Dhabi dengan persetujuan dari seluruh anggota keluarga bangsawan Al-Nahyan.

Beliau wafat pada  2 November 2004. Jenazahnya dimakamkan di area Masjid Agung Sheikh Zayed. Kini, UEA dipimpin putranya, yakni Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan.  

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : republika.co.id

Related posts