Turki Sukses Uji Coba Mobil Terbang Pertamanya

Cezeri melayang hingga 10 meter dalam uji terbang prototipe

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL — Mobil terbang pertama Turki, yang disebut Cezeri, sukses melalui proses uji coba di Istanbul pada Selasa (15/9).

Baca Juga

Dirancang dan diproduksi oleh sejumlah insinyur Turki di pabrik Baykar, Cezeri melayang hingga 10 meter dalam uji terbang prototipe 230 kilogram.

“Kami akan membuat prototipe yang lebih maju dalam proses yang akan datang dan melakukan penerbangan dengan manusia (di dalam pesawat),” kata Selcuk Bayraktar, direktur teknologi Baykar, produsen mobil tersebut.

Bayraktar menambahkan, diperkirakan akan memakan waktu 10-15 tahun bagi Cezeri untuk mencapai jalan raya dan 3-4 tahun untuk bisa digunakan untuk tujuan rekreasi seperti sepeda roda empat di daerah pedesaan.

“Setelah mobil pintar, revolusi teknologi otomotif akan terjadi pada mobil terbang. Jadi dari sudut pandang ini, kami mempersiapkan untuk persaingan di masa depan, bukan hari ini,” ujar dia.

Pada September 2019, Cezeri ditampilkan di Teknofest, pameran teknologi dan kedirgantaraan Turki, di Istanbul. Mobil itu dinamai Ismail al-Jazari, nama seorang insinyur dan polimatik Muslim terkenal di abad ke-12.

Baykar, didirikan pada 1984, adalah perusahaan yang memproduksi drone bersenjata dan tidak bersenjata, sistem kontrol simulator, dan sistem avionik.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/turki-sukses-uji-coba-mobil-terbang-pertamanya/1975168
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : republika.co.id

Related posts