3.500 Perusahaan AS Tuntut Trump atas Tarif Impor China

Sekitar 3.500 perusahaan Amerika, termasuk Tesla Inc., Ford Motor Co., Target Corp, Walgreen Co. dan Home Depot, telah menggugat pemerintahan Trump dalam dua pekan ini karena mengenakan tarif pada barang impor buatan China bernilai lebih dari $300 miliar.

Gugatan, yang diajukan ke Pengadilan Perdagangan Internasional Amerika, itu menyebut nama Perwakilan Dagang Amerika Robert Lighthizer dan Dinas Cukai dan Perlindungan Perbatasan. Dalam gugatan itu mereka juga menyebut eskalasi tidak sah akibat perang dagang Amerika dengan China melalui penerapan tarif putaran ketiga dan keempat.

Tuntutan hukum dari berbagai perusahaan itu mengatakan, pemerintahan Trump gagal mengenakan tarif dalam periode 12 bulan yang disyaratkan dan tidak mematuhi prosedur administrasi.

Perusahaan-perusahaan itu menantang “perang dagang tak terikat dan tak terbatas yang dilakukan pemerintah, yang berimbas pada miliaran dolar barang yang diimpor dari Republik Rakyat China oleh importir di Amerika,” menurut gugatan yang diajukan produsen suku cadang mobil Dana Corp.

Kantor Lighthizer belum menanggapi permintaan komentar.

Pemerintahan Trump mengatakan penerapan tarif atas barang-barang China dibenarkan karena China mencuri kekayaan intelektual dan memaksa perusahaan-perusahaan Amerika mengalihkan teknologi untuk akses ke pasar China.

Pada 15 September, Organisasi Perdagangan Dunia mendapati Amerika melanggar aturan perdagangan global karena menerapkan tarif miliaran dolar dalam perang perdagangan yang dilancarkan Trump terhadap China. [ka/pp]

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : voaindonesia.com

Related posts