DPR AS Gelar Dengar Keterangan Mengenai USAGM

Para legislator di Washington Kamis (24/9) dijadwalkan mengadakan sidang dengar keterangan mengenai Badan Media Global AS (USAGM), yang membawahi Voice of America dan jaringan-jaringan media lain yang didanai AS.

Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri DPR AS Eliot Engel, anggota fraksi Demokrat dari New York, telah mengeluarkan surat panggilan bagi CEO USAGM Michael Pack, agar hadir dan menjawab pertanyaan para legislator. Pack telah mengindikasikan ia memiliki kegiatan yang waktunya berbenturan dan tidak dapat menghadiri acara di DPR Kamis ini.

Michael Pack, CEO USAGM. (Foto: dok).


Michael Pack, CEO USAGM. (Foto: dok).

Selain Pack, para pembicara lain yang diundang mencakup para mantan eksekutif yang mengundurkan diri atau dipecat tidak lama setelah Pack memimpin USAGM pada Juni lalu. Para eksekutif itu mencakup mantan Direktur VOA Amanda Bennett, mantan pemimpin Radio Free Europe/Radio Liberty Jamie Fly, dan Karen Kombluh, ketua dewan direktur Open Technology Fund.

Para legislator dari fraksi Republik maupun Demokrat telah menyatakan keprihatinan atas pemecatan para pemimpin organisasi media terkemuka di USAGM, tidak diperpanjangnya visa para wartawan asing yang bekerja di sana, dan isu-isu lain yang menurut para pengecam mengikis kemandirian editorial jaringan berita yang didanai AS yang melakukan siaran untuk penonton dan pendengar di luar Amerika.

Pack, mantan produser film dan televisi independen, dan ketua sebuah yayasan konservatif, telah membela tindakannya dalam berbagai wawancara dan komunikasi dengan staf USAGM, dengan mengatakan ia ingin melindungi kemandirian editorial USAGM dan lebih mengefektifkan pencapaian misi lembaga ini.

Pack juga menyatakan hasil audit pemerintah mengungkapkan masalah keamanan serius yang telah terjadi bertahun-tahun dan dibiarkan tidak ditangani oleh para pemimpin terdahulu di lembaga tersebut. [uh/ab]

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : voaindonesia.com

Related posts