Menlu Pompeo Yakin akan Ada Pesaing Efektif untuk Huawei

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo hari Selasa (15/9) mengatakan bahwa dia yakin akan ada pesaing 5G yang efektif untuk Huawei China. Menurutnya akan muncul vendor Barat atau perusahaan negara Barat yang dapat menawarkan layanan dengan biaya yang sebanding. Dia menambahkan bahwa dia yakin teknologi Barat akan mendominasi dunia telekomunikasi.

“Saya yakin bahwa akan ada layanan yang hemat biaya dari vendor Barat yang bisa dipercaya yang dapat memberikan layanan yang sama, atau layanan yang lebih baik, dengan biaya bersaing,” kata Pompeo dalam acara di Dewan Atlantik.

Dengan hubungan AS-China yang paling buruk dalam beberapa dekade, Washington telah mendorong pemerintah-pemerintah di seluruh dunia agar menekan Huawei Technologies Co, dengan alasan bahwa perusahaan tersebut akan menyerahkan data kepada pemerintah China untuk dimata-matai.

Huawei, yang didirikan pada 1987 oleh seorang mantan insinyur yang berdinas di Tentara Pembebasan Rakyat China, membantah pihaknya melakukan aksi mata-mata untuk Beijing dan mengatakan Amerika Serikat berusaha mencorengnya karena perusahaan-perusahaan Barat tertinggal dalam teknologi 5G.

Pompeo mengatakan negara-negara di dunia telah menyadari biaya yang harus dibayar dengan menggunakan layanan dari vendor yang “tidak bisa dipercaya” dalam sistem mereka. [lt/jm]

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : voaindonesia.com

Related posts