Apple A14 Bionic Pakai Proses 5nm, Lebih Irit Daya atau Lebih Kencang?

Jakarta

Apple Silicon A14 Bionic adalah salah satu hal yang dipamerkan Apple di acara ‘Time Flies’, yang dipakai di iPad Air baru dan diklaim sebagai chip paling bertenaga yang pernah dibuat oleh Apple.

“Hari ini kami memperkenalkan iPad Air dengan desain baru dan jauh lebih kencang, menggunakan chip Apple paling bertenaga yang pernah dibuat, yaitu A14 Bionic,” ujar Greg Joswiak, SVP Apple Worldwide Marketing dalam acara Apple ‘Time Flies’ semalam.

Dari segi teknis, A14 Bionic memang lebih kekinian dibanding chip manapun saat ini, baik itu buatan Apple maupun buatan pabrikan lain. Pasalnya A14 Bionic ini dibuat menggunakan proses 5nm, lebih kecil dibanding chip lain yang saat ini tertahan di proses 7nm.

Namun agak sulit untuk menerka kemampuan dari A14 Bionic. Masalahnya, Apple tak membandingkan kemampuan chip ini dibanding A13, melainkan dibandingkan dengan A12 yang dipakai di iPad Air generasi sebelumnya.

Dari sisi CPU, A14 Bionic menggunakan core ‘kencang’ yang benar-benar baru, begitu juga dengan core ‘hemat energi’-nya, meski konfigurasinya tetap sama, yaitu 4 ‘kencang’ + 2 ‘hemat energi’.

Apple mengklaim performa A14 Bionic 40% lebih kencang ketimbang A12, namun tak menjelaskan apakah peningkatan itu berasal pada performa single thread ataukah multi thread.

Perlu diingat, saat Apple merilis A13, mereka mengklaim kalau chip tersebut sudah 20% lebih kencang dibanding A12. Jadi, kalau pengukuran yang dilakukan Apple antara A14 dengan A12 dan A14 dengan A13 sama, maka peningkatan di A14 dibanding A13 tak sampai 20%.

Selisih performanya menjadi lebih kecil lagi jika yang dibandingkan adalah GPU, karena Apple menyebut performa grafis dari GPU 4 core di A14 ‘hanya’ 30% lebih kencang dibanding A12, yang artinya hanya meningkat 8,3% dibanding A13, demikian dikutip detikINET dari Anandtech, Rabu (16/8/2020).

Perbandingan langsung antara A14 dan A13 hanya diberikan Apple dalam bagian neural engine, yang dipakai untuk melakukan komputasi kecerdasan buatan. Menurut Apple, 16 core untuk neural engine di A14 83% lebih kencang dibanding neural engine di A13.

Aspek lain yang mengalami peningkatan di system on a chip (SoC) tersebut antara lain adalah image signal processor. Namun selain itu, peningkatannya terbilang konservatif, terutama jika meningat A14 punya 11,8 miliar transistor, meningkat 38% dibanding jumlah transistor di A13 yang ‘hanya’ 8,5 miliar.

Mungkin, peningkatan signifikan antara A14 dan A13 adalah konsumsi daya peak atau puncaknya. Yaitu konsumsi daya saat CPU dan GPU digeber 100%, yang sangat tinggi pada A13. Mungkin, lonjakan konsumsi daya di A14 tak akan setinggi A13.

Namun apa pun peningkatan signifikan di A14 Bionic, chip ini tetap saja bakal dicatat sebagai chip 5nm pertama yang dipakai di perangkat konsumer.

Simak Video “Mengintip Jeroan iPad Air Terbaru Seharga Rp 8 Jutaan
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts