Harga PlayStation 5 dan Jadwal Peluncurannya Terungkap

Jakarta

Setelah sekian lama merahasiakan, Sony akhirnya mengungkap harga PlayStation (PS) 5 dan jadwal peluncurannya. Berapa dan kapan?

Lewat acara PlayStation 5 Showcase yang digelar secara online pada Kamis dini hari (17/9/2020), Sony menginformasikan banderol dari dua varian konsol terbarunya. Harganya sebagai berikut:

– Standard Edition harganya USD 499,99 atau kisaran Rp 7,4 juta

– Digital Edition dilepas lebih murah lagi, yakni USD 399,99 atau kisaran Rp 5,9 juta

Harga yang dipatok Sony tidak jauh beda dengan Xbox Series X yang diumumkan Microsoft belum lama ini. Hanya saja tersedia pilihan Xbox Series S yang dibanderol lebih murah, yakni USD 299 atau kisaran Rp 4,4 juta.

Tapi harga tersebut tidak terpaut jauh dari PS5 Digital Edition yang secara spesifikasi lebih tinggi, meski konsol ini tidak memiliki drive Blu-ray di dalamnya. Namun bisa jadi solusi bagi mereka yang ingin PS5 tapi budgetnya tipis.

PS5 akan tersedia di pasaran mulai 12 November 2020 atau selisih dua hari setelah Xbox Series X meluncur. Konsol terbaru Sony ini akan menyambangi Jepang, AS, Meksiko, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan lebih dulu.

Selang seminggu, tepatnya 19 November 2020, PS5 dipastikan akan menyebar ke seluruh dunia, mudah-mudahan termasuk Indonesia. Jadi sudah minta izin istri atau orang tua untuk beli PS5 detikers?

Spesifikasi PS5

Untuk diketahui PS5 menggunakan CPU custom delapan core dengan arsitektur AMD Zen 2, yang masing-masing corenya berkecepatan 3,5GHz. Sementara GPU-nya menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 yang punya 36 compute unit dengan masing-masing kecepatannya 2,23GHz.

Kombinasi CPU dan GPU ini disebut punya kekuatan komputasi sebesar 10,28 teraflop. Selain mendukung grafis dengan resolusi 8K, PS5 juga mendukung resolusi 4K dengan refresh rate 120Hz serta audio tiga dimensi.

Sony memasngkan RAM GDDR6 dengan kapasitas 16GB, sementara storagenya berkapasitas 825GB. Storage inilah yang menjadi salah satu keunggulan utama PS5, yaitu karena mempunyai kecepatan mencapai 5,5Gbps, lebih kencang dari SSD yang ada saat ini. SSD di PS5 bisa membaca data sebesar 5GB dalam satu detik, berbanding 20 detik untuk membaca data 1GB di PS4.

Custom SSD yang ada di PS5 ini sebenarnya adalah SSD NVMe, namun yang memenuhi syarat Sony, yaitu berkecepatan setidaknya 5,5GB/s. Storage di PS5 juga bisa ditambahkan menggunakan perangkat semacam flash disk, namun storage tambahan ini hanya bisa dipakai memainkan game PS4. Sementara game PS5 wajib diinstal dalam storage bawaan yang punya kecepatan lebih tinggi.

Simak Video “PlayStation 5 Bakal Dijual Sekitar Rp 7 Jutaan
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts