HarmonyOS 2.0 Diumumkan, Siap Hadir di Ponsel dan Tablet 2021

Jakarta

Huawei resmi memperkenalkan HarmonyOS 2.0. Sistem operasi ini siap diadopsi di ponsel dan tablet di 2021.

Kepastian tersebut diungkap langsing Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business, di panggung Huawei Developer Conference 2020. Dia mengatakan HarmonyOS merupakan sistem operasi pertama yang mendukung semua skenario di era kecerdasan buatan (AI).

“Sistem operasi ini memastikan pengguna akan menikmati pengalaman immersif dan interaktif, serta data yang selalu terjamin privasi dan keamanannya,” kata Richard.

HarmonyOS 2.0 membawa adaptive UX framework yang akan memungkinkan developer menjangkau lebih banyak lagi perangkat baru. Karena mereka hanya cukup mengembangkan sekali, aplikasi akan beradaptasi dengan layar kecil dan besar, mode landscape atau portrait.

Huawei mulai mendistribusikan HarmonyOS 2.0 versi beta ke developer mulai 10 September 2020 untuk perangkat Smart TV, jam pintar dan lain-lain. Sementara pada Desember 2020 baru tersedia untuk smartphone.

“Mulai tahun depan kita akan melihat ponsel yang menjalankan HarmonyOS,” ujar Richard.

Dalam kesempatan ini, Richard turut mengumbar roadmap dari sistem operasi buatan Huawei itu. Proyek open source akan mendukung perangkat dengan RAM 128KB hingga 128MB.

Sementara itu pada April 2021 akan ditambahkan dukungan untuk perangkat dengan RAM 128 MB hingga 4 GB. Selanjutnya bulan Oktober 2021 akan membuka sepenuhnya HarmonyOS untuk semua perangkat yang memiliki RAM di atas 4 GB.

Simak Video “Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya
[Gambas:Video 20detik]

(afr/fay)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts