Ilmuwan Penasaran Eksistensi Planet Terbuat dari Berlian

Jakarta

Dalam kondisi yang tepat, beberapa exoplanet kaya karbon, planet di luar Tata Surya kita, mungkin saja terbuat seluruhnya dari berlian dan silika. Demikian dikemukakan dalam studi baru yang dipublikasikan di jurnal The Planetary Science Journal.

“Exoplanet tersebut tidak seperti apapun yang ada di Tata Surya kita,” Harrison Allen-Sutter, akademisi Arizona State University yang menggelar penelitian tersebut, seperti dikutip detikINET dari New York Post.

Exoplanet, dengan rasio karbon dan oksigen yang tepat akan terbuat sebagian besar dari berlian dan senyawa silika alami. Kemungkinan itu disimpulkan setelah banyaknya informasi telah didapatkan tentang seperti apa wujud planet di alam semesta.

Ketika bintang dan planet-planetnya terbentuk, mereka terbangun dari awan gas yang sama, jadi komposisinya mirip. Sebuah bintang dengan rasio karbon lebih rendah ke oksigen akan memiliki planet seperti Bumi, dengan material berlian amat kecil, sekitar 0,001%.

Akan tetapi exoplanet di sekitar bintang dengan rasio karbon ke oksigen lebih tinggi dibandingkan Matahari kemungkinan kaya karbon. Planet kaya karbon bisa terkonversi ke berlian dan silika, jika ada airnya, sehingga terbentuklah komposisi yang kaya berlian.

Akan tetapi jikalaupun benar-benar eksis, planet berlian semacam itu mungkin tidak mendukung makhluk hidup untuk berkembang. Salah satu indikator planet bisa ditinggali kehidupan adalah aktif secara geologi, seperti di Bumi.

Nah, planet kaya karbon cenderung tidak aktif secara geologi sehingga komposisi atmosfernya atak mendukung adanya kehidupan. Atmosfer sangat penting bagi makhluk hidup untuk bernapas, eksistensi air mengalir dan melindungi planet dari bahaya antariksa.

Bagaimanapun, penelitian ini dianggap penting untuk menambah wawasan tentang exoplanet dan bagaimana bentuknya. “Bisa ditinggali ataupun tidak, ini adalah langkah tambahan untuk membantu kita memahami tentang observasi exoplanet yang semakin meningkat,” cetus Allen-Sutter.

Simak Video “17 Eksoplanet Ditemukan, Salah Satunya Layak Huni
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/rns)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts