Ini Dia Laptop Generasi 10 untuk Para Kreator Konten dan Gamers

JakartaMemilih sebuah laptop untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti mengedit konten atau bermain games bukanlah perkara mudah. Setidaknya harus tahu spesifikasi laptop yang mau dibeli, agar kualitasnya membantumu tetap produktif.

Tentunya salah satu cara yang cerdas dalam mengambil keputusan ini, harus tahu ‘jeroan’ yang digunakan pada sebuah laptop. Sebab semakin banyak kebutuhan yang kamu perlukan dalam berbagai aktivitas, maka dibutuhkan performa yang mumpuni untuk menunjang itu semua.

Berbicara soal performa, prosesor Intel generasi ke-10 bisa menjadi pilihan untuk mengimbangi segala keperluan dan kebutuhan kerja. Intel 10th Gen Ice Lake-U misalnya, prosesor ini diciptakan dengan arsitektur sunny cove berteknologi fabrikasi 10nm pertama yang diproduksi Intel.

Prosesor tersebut menghadirkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) berperforma tinggi ke PC dalam skala besar. Hal ini membuat sebuah laptop nyaman dan efisien selama digunakan berjam-jam karena kecepatan prosesnya membuat laptop terasa ngebut dan tentunya jarang mengalami lag.

Para kreator konten dan juga gamers tentunya bisa memperhatikan ini. Sebab laptop yang memberi kenyamanan dan kemudahan editing foto/video hingga melakukan rendering dengan cepat serta laptop yang mampu menjalankan game dengan FPS tinggi merupakan suatu hal yang dibutuhkan.

Oleh karenanya, prosesor Intel 10th Gen Ice Lake-U dilengkapi dengan teknologi Intel Deep Learning Boost untuk mengakselerasi algoritma kecerdasan buatan yang membuat kegiatan editing dan desain content creator menjadi semakin mudah.

Mulai dari menghilangkan keburaman foto secara lebih detail menggunakan software Topaz Gigapixel, menjaga subjek tetap berada dalam frame (auto reframe) pada Adobe Premiere Pro 2020, hingga lebih mudah dalam meng-crop foto hanya dalam sekali klik pada Adobe Photoshop 2020.

Intel 10th Gen Ice Lake-U juga bisa membuat streaming konten hingga kualitas video 4K. Terlebih, prosesor ini juga dilengkapi dengan kemampuan konektivitas premium Intel WiFi-6 (Gig+) yang 3 kali lebih cepat dibanding WiFi 5 sehingga para konten kreator bisa menghasilkan konten yang berkualitas.

Dengan dukungan Intel Quick Sync Video, streaming video menggunakan OBS/Xsplit menjadi lebih lancar, export video di Adobe Premiere Pro semakin cepat, convert video pun dapat semakin cepat menggunakan Cyberlink Media Expresso.

Konektivitas premium juga hadir pada Thunderbolt 3.0, port USB type-c yang memiliki speed hingga 40 GB/s untuk transfer lebih cepat dan bahkan dapat menghubungkan ke 2 monitor dengan grafik 4K secara bersamaan untuk mendukung kegiatan streaming hingga editing.

Intel 10th Gen Ice Lake-U hadir untuk mendukung para gamer dengan performa grafis tinggi layaknya grafis discrete. Khusus prosesor dengan nama akhiran G4 dan G7, dilengkapi dengan Intel IRIS Plus Graphics yang membuat kinerja gaming mainstream seperti Battlefield V di 1080p, PES 2020 menjadi 2 kali lebih cepat dibanding Intel UHD Graphics Intel 8th Gen.

Prosesor ini telah menjadi tenaga inti sejumlah laptop keluaran terbaru, seperti Asus A409, A413, K413; HP 14s, Spectre X 360, Pavilion X360; Acer Aspire 5, Swift 3; serta Lenovo Slim 3i, Slim 7i, serta Flex 5i.

Bagi gamer kelas berat dan content creator pro yang menginginkan kinerja layaknya PC desktop tapi bisa digunakan di mana pun, maka laptop bertenaga Intel 10th Gen H-Series patut menjadi pilihan. Ini merupakan prosesor mobile tercepat di dunia yang menembus batas 5GHz up to 5.3GHz yang bisa diperoleh pada Intel Core i9 10980HK.

8 Core 16 Thread Processor didukung teknologi Intel TVB dan Dynamic Tuning membuat performanya semakin luar biasa buas namun tetap menyesuaikan dengan batasan suhu panas sehingga tidak overheating. Selain itu, ada banyak pilihan SKU, lebih dari 60% frekuensi 5GHz atau lebih dengan pilihan desain tipis seperti MSI GS66 Stealth yang ditenagai prosesor Intel Core i7 10750H dan i9 10980HK.

Frekuensi clock speed-nya juga tinggi sehingga membuat FPS yang dihasilkan ketika bermain game menjadi lebih stabil meskipun dimainkan dalam waktu yang lama. Contohnya game Far Cry 5 dengan settingan grafis high 1080p mampu menghasilkan rata-rata 65 fps. YouTuber gaming juga dapat merekam permainannya menggunakan Windows Game Bar, OBS, atau XSplit dengan lebih lancar dan stabil.

Selain itu, ada pula Intel Turbo Boost 2.0 yang ditanamkan untuk menciptakan frekuensi secara otomatis sesuai beban aplikasi yang dijalankan sehingga kinerjanya lebih cepat. Intel 10th Gen Comet Lake-U juga dilengkapi dengan Intel UHD Grafis yang bisa memutar, mengedit, dan menampilkan video 4K/8K.

Jadi, mana pilihan Anda? Coba pilih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari ya! Ingat juga, prosesor tidak hanya jumlah core, melainkan kualitas inti core-nya dan fitur-fitur yang mendukung kinerja prosesor itu. Pesawat dengan 8 mesin baling-baling tidak lebih cepat daripada pesawat dengan 4 mesin jet.

Membeli laptop merupakan investasi jangka panjang. Jangan sembarangan pilih karena tergiur harga dengan murah. Sebab, yang paling penting adalah real world performance-nya. Buatlah keputusan cerdas bersama Intel.

Rangkaian prosesor Intel 10th Gen dan Intel 10th Gen H-series bisa Anda dapatkan di berbagai e-commerce, seperti JD.ID, BliBli, Tokopedia, dan Shopee. Informasi lebih lanjut mengenai prosesor Intel 10th Gen bisa dilihat di sini.

(adv/adv)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts