Jualan Gampang, UMKM GoJek Bisa Daftar Mandiri di GoBiz

Jakarta

Buat UMKM yang ingin memperluas jangkauan konsumennya lewat GoJek, sekarang bisa mendaftar secara mandiri lewat GoBiz.

Inovasi daftar mandiri yang dihadirkan super app untuk mitra usaha GoJek ini akan memudahkan mitra UMKM dalam mengecek status pendaftaran dan melakukan aktivasi akun usaha secara mandiri.

Dikatakan Head of Merchant Platform Business GoJek Novi Tandjung, pengembangan teknologi GoBiz adalah kelanjutan inisiatif #MelajuBersamaGojek guna mendukung program pemerintah merangkul 10 juta UMKM go digital hingga akhir tahun 2020.

“GoBiz adalah bagian dari solusi komprehensif GoJek dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk meraih kesempatan dengan go digital di tengah masa yang penuh tantangan ini,” kata Novi dalam sesi diskusi virtual sekaligus peluncuran inovasi Daftar Mandiri GoBiz, Selasa (15/9/2020).

Disebutkannya, GoJek memahami bahwa di tengah pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta misalnya, ada kebutuhan untuk UMKM segera melakukan transformasi digital. Oleh karena itu, GoJek percaya bahwa kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra UMKM untuk memulai usaha, beradaptasi dan mampu melebarkan sayap bisnisnya.

“Di aplikasi GoBiz terbaru, mitra UMKM bisa memanfaatkan fitur Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, dengan keandalan teknologi proses digitalisasi UMKM menjadi lebih mudah dan aman. Terbukti di tengah pandemi, GoJek berhasil mempercepat digitalisasi UMKM dengan bergabungnya 265.000 UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood di periode Maret-Agustus 2020.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu Mitra Usaha GoFood, pemilik warung makan Ayam Si Jagur Sambel Ngajelegur, Bandung, Eka Sopian, mengapresiasi fitur baru yang dihadirkan GoBiz.

“Ada fitur ini keren, membantu banget. Jadi lebih mudah yang mau daftar bisnisnya di GoJek. Dulu saya merasakan mesti bolak-balik. Apalagi kalau ada dokumen yang kurang dan lain sebagainya,” kenangnya.

Dia juga berbagi cerita mengenai pengembangan bisnisnya bersama GoBiz. Eka memulai usaha kulinernya dengan sebuah warung sederhana dan bermitra dengan GoFood. Kini, belum genap tiga tahun, ia sudah mengelola empat cabang usaha.

“GoBiz jadi aplikasi andalan saya karena punya semua solusi yang saya butuhkan. Ada fungsi pencatatan dan rekap otomatis transaksi di warung, selain cepat dan efisien, layanan otomasi ini juga sangat membantu sejak usaha saya masih minim jumlah karyawan,” tutur Eka.

“Selain itu, untuk menjaga kesetiaan pelanggan, saya rutin bikin promosi setiap bulan, selain rutin mengikuti periode promo GoFood. Hal ini sangat mudah dilakukan pakai aplikasi GoBiz,” lanjut Eka.

Beberapa fitur aplikasi GoBiz yang memberikan kemudahan bagi mitra usaha di antaranya:

Kemudahan Pengembangan Usaha: (1) perluasan akses pasar melalui GoFood; (2) pembayaran non tunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS; (3) pengaturan promosi secara mandiri; (4) pengajuan modal usaha.

Kemudahan Operasional Bisnis: (1) pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi; (2) manajemen resto didukung laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale (POS).

Untuk memulai usaha bersama GoJek, UMKM cukup mengunduh aplikasi GoBiz di Google PlayStore (sistem operasi Android) dan mengisi formulir registrasi online.

Registrasi akun meliputi informasi lengkap terkait identitas pemilik, informasi bank, informasi usaha, hingga area operasional.

Apabila ada data yang kurang lengkap, tim verifikasi akan kembali menghubungi pendaftar. Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang, akun akan teraktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan dengan GoBiz.

Simak Video “Dapur Bersama GoFood: Pedagang Tinggal Datang, Tanpa Biaya Sewa
[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts