Penipuan WhatsApp Modus Baru, Telepon Menang Lotere

Jakarta

Para pelaku kejahatan cyber tak kehabisan cara menjerat korban. Kali ini dengan mengirimkan file audio di WhatsApp berkedok hadiah lotere.

Waspada kalau kalian menerima file audio dari nomor tidak dikenal, atau telepon WhatsApp dari orang asing yang mengaku sebagai perwakilan layanan pengguna WhatsApp. Sebaiknya abaikan saja.

Modus penipuan ini sedang marak terjadi di India. Penjahat cyber menggunakan rekaman suara yang menginformasikan korban memenangkan tiket lotere senilai Rs 25 lakh atas nama WhatsApp.

Untuk mengklaim hadiah, korban harus menghubungi cabang State Bank of India (SBI) di Mumbai. Lucunya, si penipu akan memaksa memanggil seseorang yang disebutnya sebagai manager cabang dan hanya bisa melalui WhatsApp.

Dikutip dari Times of India, rekaman audio ini dilengkapi dengan gambar yang bercerita tentang lotere secara random. Penipuan ini juga melibatkan beberapa orang, termasuk yang mengaku sebagai manajer cabang SBI.

Setelah korban dibujuk menelepon si penipu, dia akan diminta menyetor biaya pendaftaran dan pajak untuk jumlah lotere. Tentu saja, jika korban menuruti perintah si penipu, uangnya akan hilang.

Sebagai alternatif, si penipu akan mengarahkan korban agar menginstal aplikasi. Nantinya, aplikasi ini akan bertindak sebagai desktop jarak jauh yang akan dimanfaatkan si penipu untuk mencuri detail cookies, PIN, password, dan informasi lain milik korban. Jadi, hati-hati dengan modus baru penipuan WhatsApp seperti ini.

Simak Video “Begini Cara Dapatkan Stiker Animasi di WhatsApp!
[Gambas:Video 20detik]

(rns/afr)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts