Ternyata Ini Toh Dalamnya Piramida Giza

Jakarta

Piramida Giza atau dikenal dengan sebutan The Great Pyramid menyimpan rahasia dari peradaban Mesir kuno. Robot pun membantu para arkeolog untuk mengetahui isi di dalamnya.

Diketahui piramida Giza merupakan piramida terbesar di antara tiga piramida yang ada di Kairo, Mesir. Dipercaya, bangunan ini berdiri sejak 4.500 tahun lalu.

Selama bertahun-tahun, berbagai tim arkeologi telah menjelajahi piramida, mencapai tempat yang dikenal sebagai Queen Chamber atau Kamar Ratu. Penggalian arkeologi itu ditemukan tersembunyi di balik dinding palsu, sebuah lorong sempit yang naik dengan sudut 40 derajat ke atas ke dalam piramida. Tetapi eksplorasi tersebut telah mengakibatkan kerusakan pada lorong.

Pada tahun 2010, Rob Richardson, Profesor Robotika di Leeds dan sekelompok kecil rekannya telah menerima tantangan yang dicetuskan oleh Dr Tze Chuen Ng untuk merancang dan membangun robot yang dapat mencapai ujung terowongan dan mengetahui ada apa di sana.

Untuk memecahkan salah satu misteri besar dalam arkeologi Mesir, tim telah mengembangkan robot yang berhasil menavigasi salah satu lubang sempit Piramida Besar. Ilmuwan membutuhkan waktu hampir lima tahun untuk mengembangkan robot tersebut.

“Desain ini benar-benar menantang. Robot itu harus sangat ringan — dan pada akhirnya, kami menurunkannya menjadi 5 kg. Karena saking ringannya, tidak membutuhkan banyak tenaga — pada akhirnya tantangan mulai menjadi peluang. Kami mengembangkan sistem yang menggerakkan robot dengan sangat hati-hati melalui lorong,” kata Profesor Richardson, bagian dari kelompok penelitian Robotika di Leeds.

Robot tersebut telah melakukan perjalanan di sepanjang lorong sempit yang hanya berukuran 20 cm kali 20 cm, yang lebih kecil dari ukuran selembar kertas A4, dan bermanuver sepanjang 60 meter. Tantangannya adalah untuk mensurvei dan memfilmkan apa yang ada di dalamnya. Yang terpenting, tidak menyebabkan kerusakan apa pun.

Karena desainnya yang cerdas, robot tersebut mampu menavigasi dan merekam cuplikan eksklusif bagian dalamnya. Meski begitu ada dinding yang menghalangi robot untuk mengetahui apa yang ada di balik dinding lapisan kedua. Demikian mengutip Tech Explorist, Selasa (15/4/2020).

Seperti apa penampakan interior bangunan ini? Tonton video di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

Simak Video “Tampik Babe Ridwan Saidi, Prof Agus Munandar Sebut Kerajaan Galuh Otentik
[Gambas:Video 20detik]

(ask/fay)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts