Walau Corona Sudah Ada Vaksin, Masker Tetap Penting

Washington

Pakar kesehatan Amerika Serikat dan direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Dr Anthony Fauci, menyatakan bahwa meskipun vaksin Corona yang efektif sudah ada, protokol kesehatan seperti memakai masker tetaplah penting.

Selain itu, mencuci tangan dan menerapkan social distancing tetap perlu dilakukan. Itu lantaran menurut dia, vaksin Corona nantinya tidak akan 100% efektif dan tidak langsung diberikan pada 100% populasi, sehingga tetap ada ruang bagi COVID-19 menyebar.

“Saya pikir jika kita bisa membuat 75 sampai 80% populasi divaksinasi, itu adalah pencapaian sangat bagus. Itu takkan mengeliminasi kebutuhan untuk tetap bijak dan hati-hati,” kata Fauci.

Saat ini, uji coba vaksin Corona skala besar sedang dilangsungkan di AS. Namun jikalaupun sudah disetujui untuk diberikan pada publik, tidak akan langsung semua warga bisa mendapatkannya melainkan secara bertahap.

“Kita tidak akan bisa membuat semua dosis tersedia, misalnya pada akhir Desember ini. Vaksin Corona akan diberikan seiring bulan-bulan berlalu,” kata dia, seperti dikutip detikINET dari CNN.

Fauci memperkirakan baru pada sekitar bulan ketiga atau keempat tahun 2021, semua warga di AS kemungkinan sudah memperoleh vaksinasi Corona.

Sebelumnya, Fauci menyinggung soal pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait vaksin. “Ada anti sains, anti vaksin, anti otoritas di antara sebagian orang di negara ini. Kita punya banyak pekerjaan untuk mengedukasi orang kebenaran tentang vaksin,” cetusnya.

“Hal ini tidak akan mudah. Siapa saja yang berpikir akan gampang tidaklah menghadapi kenyataan. Ini akan sangat sulit,” tambah dia.

Fauci mengatakan pemerintah sebenarnya punya program edukasi untuk menangkal pesan-pesan anti vaksin. Program tersebut diharapkan bisa menyasar masyarakat luas sehingga vaksin Corona nantinya bisa diterima semua orang.

Simak Video “Anies: Sebelum Ada Vaksin, Maka Vaksin Kita Adalah Masker
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/afr)

Baca Juga Berita Polres Tulungagung dan Kapolres Tulungagung

SUMBER : detik.com

Related posts